Pembukaan Lokakarya 1 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan |
Sambutan Koordinator Kelompok Kerja Peningkatan Kompetensi P4TK TK dan PLB |
Kegiatan lokakarya 1
Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Kabupaten Kuningan angkatan 3 dilaksanakan
secara daring pada hari Sabtu, 4 September secara daring. Kegiatan diawali
terlebih dahulu dengan acara pembukaan. Pada acara sambutan diawali dari
Koordinator Kelompok Kerja Peningkatan Kompetensi P4TK TK dan PLB yaitu Bapak DR.
Hermasyah, M.Pd. dilanjutkan sambutan sekaligus membuka acara oleh Kepala Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan yaitu Bapak Drs. H. Uca Somantri,
M.Si.
Setelah acara dibuka
secara resmi, semua peserta PGP memasuki ruang kelas virtual. Sasaran Program PGP untuk anggatan 3 di Kabupaten Kuningan berjumlah 90 CGP. Dari 90 CGP dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok dibersamai oleh 3 orang Penganjar Praktik (PP). Agenda kegiatan lokakarya 1, diantaranya:
1. Pembukaan
2. Pengembangan
Diri
3. Kompetensi
Guru Penggerak
4. Posisi
Diri
5. Rencana
Pengembangan Diri
6. Penutupan
Alhamdulillah semuanya
hadir dan mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Aktivitas kegiatan
berjalan dengan lancar dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Dari
sesi ke sesi para CGP mengikutinya dengan penuh semangat dan antusias. Tujuan
belajar pada lokakarya 1 ini yaitu:
1. Calon
Guru Penggerak mampu memahami pentingnya mengembangkan diri
2. Calon
Guru Penggerak mampu menjelaskan penerapan kompetensi Guru Penggerak dalam
menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran
3. Calon
Guru Penggerak mampu mengidentifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru
Penggerak
4. Calon
Guru Penggerak mampu menjelaskan rencana pengembangan diri
Lesson learned dari
hasil lokakarya 1 ini adalah CGP dan juga pendamping mendapatkan pengalaman dan pemahaman tentang
identifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak yang harus
dimilikinya sebagai CGP, pada loka 1 ini CGP melakukan evaluasi diri
berdasarkan kompetensi Guru Penggerak dan juga membuat rencana pengembangan
diri Calon Guru Penggerak. Dari hasil identifikasi posisi diri, evaluasi diri
berdasarkan kompetensi Guru Penggerak dan juga rencana pengembangan diri Calon
Guru Penggerak. harapannya ketika program ini selesai 9 bulan kedepan, CGP
memiliki kompetensi-kompetensi ini.
Dari tujuan lokakarya 1
ini semua peserta harus mempunya produk yang dihasilkan dari kegiatan lokakarya
1 ini diantaranya:
1. Identifikasi
posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak
2. Evaluasi
posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak
3. Rencana
pengembangan diri Calon Guru Penggerak
Ketercapaian hasil
belajar Alhamdulillah dapat tercapai
sampai tuntas. Kesimpulan dari pelaksanaan lokakarya pertama ini secara
umum berjalan dengan lancar para CGP mengikuti lokakarya dengan penuh semangat
dan antusias. CGP menyatakan sudah memiliki gambaran yang lebih jelas tentang
kompetensi yang harus dimilikinya sebagai GP, pada loka 1 ini CGP melakukan
evaluasi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak dan juga membuat rencana
pengembangan diri Calon Guru Penggerak.
Refleksi kegiatan
lokakarya pertama tentang hal-hal yang harus diperbaiki ataupun ditingkatkan
dalam lokakarya berikutnya, juga memberikan gambaran tentang rencana
pengembangan diri Calon Guru Penggerak berdasarkan Kompetensi Guru Penggerak
yang harus dilaksanakan minimal pada ekosistem sekolah CGP dan pada komunitas
lainnya.
Lokakarya pertama dilaksanakan dengan moda daring Kelebihan dari hasil lokakarya pertama menurut saya dalam hal pelaksanaannya, dimana kita sebagai peserta dapat melaksanakan dari rumah ataupun dari tempat kita bekerja sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Namun kekurangannya secara penekanan substansi materi tidak optimal seperti kalau luring karena fokus peserta agak kurang optimal dibandingkan yang dilakukan secara daring. Interaksi tidak sehangat dengan luring, sehingga hal itu akan menambah motivasi dan semangat dari para peserta.
Pada loka 1 ini CGP melakukan evaluasi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak dan juga membuat rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak. Oleh karena itu dari hasil identifikasi posisi diri, evaluasi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak dan juga rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak hendaknya CGP dapat mulai menerapkannya dalam keseharian CGP dalam melaksanakan perannya sebagai guru dan Calon Guru Penggerak sehingga harapannya ketika program ini selesai 9 bulan kedepan, CGP memiliki kompetensi-kompetensi ini.
Komentar
Posting Komentar