LOKAKARYA 1 PENDIDIKAN GURU PENGGERAK (PGP) ANGKATAN 3 KABUPATEN KUNINGAN

 

Pembukaan Lokakarya 1
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan

Sambutan Koordinator Kelompok Kerja Peningkatan Kompetensi P4TK TK dan PLB

Kegiatan lokakarya 1 Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Kabupaten Kuningan angkatan 3 dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu, 4 September secara daring. Kegiatan diawali terlebih dahulu dengan acara pembukaan. Pada acara sambutan diawali dari Koordinator Kelompok Kerja Peningkatan Kompetensi P4TK TK dan PLB yaitu Bapak DR. Hermasyah, M.Pd. dilanjutkan sambutan sekaligus membuka acara oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan yaitu Bapak Drs. H. Uca Somantri, M.Si.

Setelah acara dibuka secara resmi, semua peserta PGP memasuki ruang kelas virtual. Sasaran Program PGP untuk anggatan 3 di Kabupaten Kuningan berjumlah 90 CGP. Dari 90 CGP dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok dibersamai oleh 3 orang Penganjar Praktik (PP).  Agenda kegiatan lokakarya 1, diantaranya:

1.      Pembukaan

2.      Pengembangan Diri

3.      Kompetensi Guru Penggerak

4.      Posisi Diri

5.      Rencana Pengembangan Diri

6.      Penutupan

Alhamdulillah semuanya hadir dan mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Aktivitas kegiatan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Dari sesi ke sesi para CGP mengikutinya dengan penuh semangat dan antusias. Tujuan belajar pada lokakarya 1 ini yaitu:

1.    Calon Guru Penggerak mampu memahami pentingnya mengembangkan diri

2. Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan penerapan kompetensi Guru Penggerak dalam menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran

3.    Calon Guru Penggerak mampu mengidentifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

4.    Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan rencana pengembangan diri

Lesson learned dari hasil lokakarya 1 ini adalah CGP dan juga pendamping  mendapatkan pengalaman dan pemahaman tentang identifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak yang harus dimilikinya sebagai CGP, pada loka 1 ini CGP melakukan evaluasi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak dan juga membuat rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak. Dari hasil identifikasi posisi diri, evaluasi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak dan juga rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak. harapannya ketika program ini selesai 9 bulan kedepan, CGP memiliki kompetensi-kompetensi ini.

Dari tujuan lokakarya 1 ini semua peserta harus mempunya produk yang dihasilkan dari kegiatan lokakarya 1 ini diantaranya:

1.      Identifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

2.      Evaluasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak

3.      Rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak

Ketercapaian hasil belajar Alhamdulillah dapat tercapai  sampai tuntas. Kesimpulan dari pelaksanaan lokakarya pertama ini secara umum berjalan dengan lancar para CGP mengikuti lokakarya dengan penuh semangat dan antusias. CGP menyatakan sudah memiliki gambaran yang lebih jelas tentang kompetensi yang harus dimilikinya sebagai GP, pada loka 1 ini CGP melakukan evaluasi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak dan juga membuat rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak.

Refleksi kegiatan lokakarya pertama tentang hal-hal yang harus diperbaiki ataupun ditingkatkan dalam lokakarya berikutnya, juga memberikan gambaran tentang rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak berdasarkan Kompetensi Guru Penggerak yang harus dilaksanakan minimal pada ekosistem sekolah CGP dan pada komunitas lainnya.

Lokakarya pertama dilaksanakan dengan moda daring  Kelebihan dari hasil lokakarya pertama menurut saya dalam hal pelaksanaannya, dimana kita sebagai peserta dapat melaksanakan dari rumah ataupun dari tempat kita bekerja sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Namun kekurangannya  secara penekanan substansi materi tidak optimal seperti kalau luring karena fokus peserta agak kurang optimal dibandingkan yang dilakukan secara daring. Interaksi tidak sehangat dengan luring, sehingga hal itu akan menambah motivasi dan semangat dari para peserta.

Pada loka 1 ini CGP melakukan evaluasi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak dan juga membuat rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak. Oleh karena itu dari hasil identifikasi posisi diri, evaluasi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak dan juga rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak  hendaknya CGP dapat mulai menerapkannya dalam keseharian CGP dalam melaksanakan perannya sebagai guru dan Calon Guru Penggerak sehingga harapannya ketika program ini selesai 9 bulan kedepan, CGP memiliki kompetensi-kompetensi ini.






Komentar